Bantuan Pemerintah

Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra


Pengumuman Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun Anggaran 2024

Pada tahun 2024, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra kembali memberikan Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra di wilayah Indonesia. Bantuan Pemerintah yang diselenggarakan berupa bantuan fasilitasi bagi komunitas sastra senilai maksimal Rp150.000.000,00 (seratus lima puluh juta rupiah) dan bantuan pemerintah atas sumbangsih dan kiprah kesastraan dalam pengembangan komunitas sastra di wilayahnya selama minimal 40 tahun dan atau minimal 50 tahun berkarya dan mengembangkan kesastraan di Indonesia.

Pendaftar bantuan fasilitasi komunitas sastra dapat melakukan registrasi untuk mendapatkan kata sandi yang akan dikirimkan melalui pos-el (email) pendaftar. Kata sandi tersebut selanjutnya digunakan untuk masuk ke akun Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra pada laman registrasi berikut (laman registrasi). Pendaftar yang telah memiliki kata sandi dapat masuk ke akun bantuan pemerintah dengan menuliskan pos-el, kata sandi, dan kode yang tertera pada laman Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra (laman login banpem).

Bantuan pemerintah khusus untuk perseorangan tidak diperkenankan melakukan pendaftaran mandiri, tetapi dilakukan dengan mekanisme usulan/rekomendasi dari balai/kantor bahasa sesuai dengan wilayah kerja masing-masing.

Petunjuk teknis penyaluran Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra serta informasi pendaftaran dapat dilihat pada laman https://spiritpusbanglin.kemdikbud.go.id/banpem.php. Untuk memperoleh informasi lebih lanjut, calon penerima bantuan atau pemohon dapat menghubungi nomor layanan Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra melalui pesan WhatsApp di nomor 0821-4000-9935. (unduh lampiran juknis keputusan Kepala Badan Bahasa)

Jangan sampai terlewat, ya!


Sekretariat Bantuan Pemerintah Bidang Kebahasaan dan Kesastraan: Penguatan Komunitas Sastra Tahun 2024
Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa
Kawasan Indonesia Peace and Security Centre (IPSC)
Jalan Anyar Km. 4, Tangkil, Citeureup
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Masuk Akun Bantuan Pemerintah