Berita

Kunjungan dan Observasi Praktik Penyusunan KBBI

Tanggal 31 Mei 2023 oleh Administrator
 192    4


Bogor, 31 Mei. Pusat Pengembangan dan Pelindungan Bahasa dan Sastra (Pusbanglin) menerima kunjungan dari Program Studi Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta. Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan observasi praktik penyusunan KBBI.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja dan Layanan Profesional (KKLP) Perkamusan dan Peristilahan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Subbagian Tata Usaha Pusbanglin, Sun’an Yohantho, S.S. dan didampingi oleh Subkoordinator KKLP Perkamusan dan Peristilahan serta Koordinator KKLP Pelindungan dan Pemodernan Bahasa dan Sastra.

Kegiatan ini diisi dengan penyajian materi Penyusunan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang disampaikan oleh Winda Luthfita, S.Hum., Redaktur KBBI. Winda memaparkan sejarah penyusunan KBBI, alur kerja penyusunan KBBI, dan fitur-fitur yang ada di KBBI.

Acara dilanjutkan dengan permainan dan kuis. Permainan yang dilakukan yaitu lomba mencari entri dalam KBBI V edisi cetak. Kata yang dicari dalam KBBI V edisi cetak tersebut yaitu menyampingkan dan mengubah. Acara semakin meriah saat semua peserta diajak bermain gim daring. Soal-soal dalam gim daring tersebut berisi seputar kebahasaan dan materi dari narasumber. Para pemenang dalam permainan dan kuis mendapatkan hadiah lawang dari Pusbanglin.

Dalam acara ini para peserta terlihat antusias dan merasa mendapat pengetahuan baru mengenai dunia perkamusan. Hal ini pun senada disampaikan oleh Umi Kulsum, M.A., selaku dosen pengampu kunjungan ini. “Kami senang sekali bisa berkunjung untuk melihat secara langsung bagaimana KBBI disusun oleh redaksi”, ungkapnya. (Dm)

 192    4